1 tahun lalu |6 Agustus 2016 12:21 |1052 Pembaca

Pembegal Ibu Muda Mengaku Terlilit Hutang

Foto: Paulus Harahap saat diamankan petugas Polres Sibolga. Dok/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Paulus Harahap (43), tersangka pembegal seorang ibu muda, Melati (25), di Jalan S Parman Kota Sibolga pada Selasa (2/8/2016) siang lalu, mengaku terlilit banyak hutang. Karena itu ia nekad hendak mencuri mobil yang dikendarai korban.

“Tersangka mengaku niatnya melakukan aksi pencurian dengan kekerasan itu secara spontan, karena terdesak punya banyak hutang. Soal itu hutang apa kami tidak tahu persisnya,” ujar Kapolres Sibolga AKBP Benny Remus Hutajulu melalui Kasubbag Humas Ipda R Sormin, di Mapolres, Sabtu (6/8/2016).

Menurut hasil penyelidikan, sambung Sormin, tersangka mengincar mobil korban dan barang berharga lainnya yang dibawa korban. “Sasaran tersangka itu barang-barang berharga milik korban, terutama mobilnya,” terang Sormin.

Sementara itu dari sejumlah informasi yang diperoleh awak media ini, Paulus yang merupakan pegawai salah satu BUMD Pemko Sibolga ini kabarnya terlilit hutang karena permainan judi bola. Dan ada juga yang menyebutkan ia terlibat masalah hutang piutang dengan rentenir.

Kembali diutarakan Ipda R Sormin, sesuai hasil pemeriksaan penyidik, bahwa sebelum beraksi tersangka sempat duduk-duduk di depan salah satu kedai di sekitaran lokasi kejadian. Melihat Melati yang baru menjemput anaknya dari sekolah, tersangka kemudian mengambil sebilah pisau kecil dari kedai tadi, tanpa sepengetahuan pemilik kedai.

Foto: Petugas Polres Sibolga memegang barang bukti pisau yang digunakan tersangka mengancam korban. Dok/ST Foto: Petugas Polres Sibolga memegang barang bukti pisau yang digunakan tersangka mengancam korban. Dok/ST

 

“Tersangka habis jaga malam di tempat kerjanya. Siang itu dia datang ke sekitar lokasi dan duduk-duduk sambil merokok. Lalu tersangka melihat korban masuk ke dalam mobilnya. Tersangka mendekat dan memaksa masuk dari pintu belakang kanan mobil, kemudian membekap mulut korban yang sudah duduk di kursi sopir. Sebelah tangan lagi sambil memegang pisau tadi. Korban melawan dan berhasil keluar dari mobil. Tersangka kemudian pindah ke kursi depan, dan sempat mengemudikan mobil hingga beberapa meter,” terang Sormin.

Tapi, sambung Sormin, saat itu warga lainnya yang berada di sekitar lokasi sudah mengetahui aksi tersangka dan mereka berusaha mencegah tersangka kabur membawa mobil itu. “Warga yang melihat kemudian mencegah tersangka, dan berhasil menangkapnya. Tersangka sempat dipukuli sebelum petugas kita datang mengamankannya,” beber Sormin.

Kini tersangka ditahan di RTM Mapolres Sibolga. Ia diancam dengan Pasal 365 ayat 1 dan ayat 2 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan yang ancaman hukumannya 9 tahun penjara. “Tersangka ditahan, dan setelah dilakukan tes urine, tersangka negatif narkoba,” pungkasnya.

Paulus Harahap sendiri merupakan warga Jalan Maraden Panggabean No. 27 Angin Nauli, Sibolga Julu, Kecamatan Sibolga Utara. Ayah 3 anak ini pun diketahui merupakan adik dari oknum pejabat setingkat eselon II di Pemko Sibolga.

Sedangkan korban, Melati, merupakan ibu rumahtangga biasa yang tinggal di Jalan Hiu No. 47 Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

 

Editor: Marihot Simamora