1 tahun lalu |10 Agustus 2016 22:43 |795 Pembaca

Kepala SMP Tapteng Wakili Sumut di Lomba GTK Nasional

Foto: Anwar Said (kanan) saat menerima piagam penghargaan dari tim juri lomba tingkat provinsi. Dok Istimewa
TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Setelah menyabet juara 1 di tingkat kabupaten dan provinsi, Kepala SMP Negeri 2 Pandan Nauli, Tapanuli Tengah, Anwar Said menjadi utusan Sumatera Utara di lomba Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2016 oleh Kemendikbud di Jakarta.

“Lombanya dilaksanakan di Grand Atlet Mercure Cipta Jakarta pada 12-19 Agustus nanti,” ujar Anwar Said, Rabu (10/8).

Secara pribadi, pria kelahiran Pati, Jateng, 5 Desember 1971 itu menyatakan sudah mempersiapkan diri baik fisik maupun mental untuk memberikan yang terbaik di lomba tersebut. Selain itu, seluruh guru dan tenaga kependidikan utusan Sumatera Utara yang totalnya ada 18 peserta, sudah diberikan pembekalan. Adapun materi yang dilombakan diantaranya kompetensi profesional, kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, serta prestasi dan wawancara tentang penelitian tindakan sekolah (PTS).

“Sudah siap, mohon doanya ya. Hari ini saya bertolak menuju Jakarta,” kata alumni IKIP Yogyakarta 1996 itu.

Sebelumnya, ayah 3 anak itu sudah pernah mengikuti pemilihan guru berprestasi tingkat nasional pada tahun 2010 lalu. Saat itu Anwar masih sebagai guru di SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah.

Menurutnya, kepala sekolah sebagai pendidik dan manajer berperan sentral dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dan lingkungan sekitarnya. Tugas dan tanggung jawab kepala SMP yang sangat penting itu menuntut kompetensi dan kreativitas tinggi.

“Karenanya peningkatan kompetensi kepala sekolah perlu terus diupayakan melalui berbagai program, salah satunya melalui kegiatan pemilihan kepala sekolah berprestasi ini,” tutup Anwar.

Editor: Marihot Simamora