1 tahun lalu |11 Agustus 2016 18:30 |772 Pembaca

Perbaikan Jalan Longsor Barati Rampung Desember

Foto: Lokasi jalan di Barati, Kecamatan Parlilitan, Humbahas yang sedang dalam proses perbaikan. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Jalan utama penghubung antara Doloksanggul-Parlilitan, di Barati, Kabupaten Humbahas, yang longsor sejak tahun lalu kini mulai diperbaiki. Perbaikan diperkirakan rampung selambatnya pada akhir Desember nanti.

“Perbaikan jalan ini mendesak karena kekuatan konstruksi lamanya makin lama makin dikwatirkan, apalagi setelah longsor tahun lalu. Nanti akan dibuatkan gorong-gorongnya, supaya air dari lereng bukit tidak tumpah lagi ke badan jalan,” kata Pasaribu selaku humas proyek perbaikan jalan itu, di lokasi, Kamis (11/8).

Dijelaskannya, pengerjaan sudah dimulai sejak awal Agustus ini. Anggarannya dark APBD Humbahas 2016, tepatnya dari pos anggaran bencana alam dengan pagu ratusan juta. Dan agar jalan bisa tetap dilalui kendaraan, pihaknya membangun sementara jembatan darurat dari batang kayu kelapa.

Terpisah, Kabag Humas Pemkab Humbahas Osborn Siahaan membenarkan telah dimulainya pengerjaan perbaikan struktur jalan tersebut. Dimana sebelumnya instansi teknis terkait sudah melaksanakan pelelangan proyeknya.

“Diharapkan pada momen mudik Natal dan Tahun Baru nanti titik jalan tersebut sudah mulus untuk dilintasi pengendara,” ujarnya.

 

 

Editor : Marihot Simamora