1 tahun lalu |11 Agustus 2016 21:30 |948 Pembaca

Ini Perahu Uweng, Nelayan Tapteng yang Masih Dicari Tim SAR

Foto: Perahu milik Darwin Tanjung, nelayan tradisional penjaring salam/udang yang dinyatakan hilang saat melaut di perairan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumut, pada Kamis (11/8/2016) pagi. Istimewa

PANDAN, SUARATAPANULI.COM –Inilah perahu bapak kami D tanjung(UWENG)yg hilang dilaut pandan subuh tadi,mohon di doa kan agar bapak kami ini cepat di temukan dan dalam keadaan selamat,,,

Begitu ditulis Keppe Lubis, salah satu facebookers di dinding akunnya. Status itu diposting bersama beberapa foto yang dimaksud.

Pada Kamis (11/8/2016) pagi, Pos SAR Sibolga memang menerima informasi hilangnya Darwin Tanjung (65), seorang nelayan jaring salam/udang, warga Gang Inpres, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), di perairan Pandan.

Sesuai laporan informasi, rekan-rekan pria yang akrab disapa “Uweng” itu menyebutkan bahwa Darwin diduga hilang saat melaut. Sebab pada sekitar pukul 04.00 WIB, Darwin dengan perahunya berpisah dari rombongan perahu teman sesama nelayan di tengah laut. Hingga kemudian sekira pukul 06.00 WIB, teman-temannya tadi melihat perahunya sudah terombang ambing tanpa pemiliknya.

“Setelah mendapat infonya, personel SAR kemudian terjun melakukan pencarian di sekitar lokasi. Pencarian juga didukung oleh personel dan armada gabungan dari Lanal Sibolga, Polres Tapteng, BPBD Tapteng, serta masyarakat nelayan lokal,” ujar Humas Pos SAR Sibolga, Abdu Hasibuan, kepada wartawan.

Upaya pencarian yang dilakukan seharian itu belum menuai hasil. Hingga petang, proses pencarian dihentikan sementara, dan akan dilanjutkan besok. “Akan dilanjutkan lagi mulai jam 8 pagi besok,” kata Abdu.

Kerabat keluarga, Parlin Aritonang (41), menyebutkan bahwa informasi yang rekan nelayan mertuanya itu, Darwin diduga terpeleset atau terjatuh lalu hanyut saat penarikan jaringnya. Disebutkannya lagi, mertuanya itu memang sudah sering melaut dengan perahu kecil itu.

“Kami sangat terkejut mendengar informasi hilangnya orangtua kami ini. Segenap keluarga berharap beliau segera ditemukan. Mudah-mudahan pencarian besok berhasil,” ujar Parlin kepada wartawan.

Selain pihak kerabat dan keluarga, ratusan warga sekitar memadati pesisir Pantai Pandan selama proses pencarian.

 

Editor: Marihot Simamora