1 tahun lalu |12 Agustus 2016 19:10 |842 Pembaca

Uhh…! Semrawutnya Perparkiran di Pasar Doloksanggul

Foto: Jejeran kendaraan yang parkir di badan jalan sekitar Pasar Doloksanggul, Humbahas, yang memicu kesemrawutan. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Tiap hari Jumat, Pasar Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, pasti semrawut. Karena area parkir khusus milik pasar belum ada, pengendara terpaksa parkir di sepanjang badan jalan di sekitar pasar.

Pantauan, kondisi paling parah terjadi di kawasan Bank BRI Doloksanggul hingga ke jalan Melanthon Siregar. Demikian juga di pintu masuk simpang Bank Sumut hingga ke Jalan Maduma arah parjagal. SelainĀ “rundutnya” perparkiran, juga banyak pedagang yang menggelar lapaknya hingga ke badan jalan.

“Semakin tambah parah semrawutnya kawasan Pasar Doloksanggul ini. Pengelola pasar atau pun instansi terkait malah diam saja. Ini karena tidak ada ketegasan dalam penertibannya,” ujar Edison, pengunjung pasar.

Sementara itu para sopir, khususnya truk pedagang dan angkutan umum, mengaku tidak punya pilihan lain parkir dimana. Sebab tidak ada area parkir yang disediakan. Begitu juga para pedagang kaki lima yang menggelar lapak di tepi jalan, mereka beralasan terpaksa karena lapak di dalam sudah penuh.

“Pemerintah daerah mestinya merencanakan penataan kembali pasar ini. Kemudian ada sikap tegas dari pengelola terhadap yang melanggar aturan,” kata Daniel Lumbangaol warga sekitar pasar.

 

Editor: Marihot Simamora