1 tahun lalu |18 Agustus 2016 23:08 |1307 Pembaca

Kado Istimewa dari Jokowi, Perluasan Pelabuhan Sibolga

Foto: Kawasan Pelabuhan Sambas Sibolga. Dok/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sabtu (20/8), akan melakukan groundbreaking perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga di Jalan Horas. Pemantapan pelabuhan laut itu diharapkan dapat memperlancar distribusi barang ke Kepulauan Nias dan sekitarnya, sehingga laju inflasi pun bisa ditekan.

“Nantinya pelabuhan ini akan menopang kelancaran suplai distribusi barang ke Nias dan daerah lainnya,” terang Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, Kamis (18/8).

Selain itu, Syarfi juga menyebutkan kedatangan orang nomor satu di negeri ini pun akan membuahkan percepatan pembangunan infrastruktur lainnya. Seperti peningkatan Bandara Dr FL Tobing Pinangsori di Tapanuli Tengah, dan pembangunan jalan layang di kawasan Batu Lubang di Jalinsum Sitahuis, Tapanuli Tengah, serta peningkatan jalan nasional Sibolga ke batas Aceh dan Sumatera Barat.

“Kunjungan Bapak Presiden ini adalah kado yang sangat istimewa bagi Sibolga dan Tapanuli Tengah di momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 ini,” katanya.

Senada diungkapkan Pj Bupati Tapanuli Tengah Bukit Tambunan. Dikatakannya bahwa sangat banyak potensi pariwisata di daerah tersebut yang sangat layak dikembangkan. Seperti situs-situs sejarah religi di Kota Tua Barus, pesona pantai dan kepulauan di pesisir dan perairan laut Tapanuli Tengah.

“Saya akan sampaikan hal ini kepada Pak Presiden. Luar biasa, ternyata begitu banyak potensi objek wisata di Tapanuli Tengah ini yang bisa dijual, seperti makam para tokoh pembawa ajaran agama yang ada Barus. Ada juga sumur Nommensen, saya sudah lihat, itu nyata dan potensial sekali. Lalu, letak strategis Tapanuli Tengah di pesisir pantai barat yang layak dijadikan sebagai centra industri perikanan dan kelautan,” kata Bukit saat temu pers di Pandan, Kamis (18/8).

 

Editor: Marihot Simamora