1 tahun lalu |19 Agustus 2016 16:59 |1076 Pembaca

Pelindo I Kucurkan Rp289 Miliar untuk Pelabuhan Sibolga

Foto: Rombongan Menteri Perhubungan saat meninjau Pelabuhan Sambas Sibolga, Jumat (19/8). Dok Ist

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – PT Pelindo I mengucurkan dana Rp289 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Sambas Sibolga, Sumatera Utara. Pemancangan tiang tanda dimulainya pembangunannya rencananya dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu (20/8).

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke pelabuhan itu, Jumat (19/8). Dikatakannya, pengembangan pelabuhan untuk menggalakkan potensi perdagangan, pariwisata dan potensi lainnya di daerah ini, sehingga dapat dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan daerah tingkat II di sekitarnya.

”Untuk itu kita minta rekan-rekan wartawan juga ikut mendorong partisipasi dari pemerintah setempat, khususnya untuk pengembangan investasi dan sektor pariwisata,” ucap Budi Karya Sumadi yang didampingi Dirut PT Pelindo I dan beberapa pejabat kementeriannya.

Sementara itu Dirut PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana menjelaskan, pembangunan Pelabuhan Sibolga akan dibagi dalam 4 kluster. Dimulai dengan pembangunan terminal dua lantai, pengerukan kawasan pelabuhan, menambah panjang dermaga, khususnya dermaga ferry, lalu pematangan tanah di lokasi termasuk mendatarkan bukit Pulau Herek, serta pembangunan gedung kantor dengan sejumlah fasilitas untuk mendukung kelancaran layaknya pelabuhan.

”Jika sekarang sudah dimulai pembangunannya, maka diperkirakan rampung pada kuartal 4 tahun 2019 nanti,” katanya.

Rombongan juga meninjau dermaga Pelabuhan Labuhan Angin di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah. Deermaga ini juga sedang dalam pengerjaan. Tapi pelabuhan yang berdekatan dengan Kawasan PLTU Labuan Angin itu nantinya diprioritaskan untuk kepentingan TNI AL.

 

Editor: Marihot Simamora