1 tahun lalu |20 Agustus 2016 10:50 |929 Pembaca

Banten pun Ikut Semarakkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

Foto: Mobil hias dari Provinsi Banten yang dipersiapkan ikut serta di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016. Buea/ST

TOBASA, SUARATAPANULI.COM – Sejumlah peserta Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 mulai mempersiapkan mobil hias yang akan ditampilkan Minggu (21/8). Dari Provinsi Banten juga ikut berpartisipasi.

“Ini sedang merancang bentuk bangunan lumbung padi,” terang Yono, pekerja mobil hias dari Provinsi Banten, saat disambangi awak media di Balige, Kabupaten Toba Samosir.

Dijelaskan Yono, bentuk bangunan lumbung padi mengartikan Banten sebagai salah satu provinsi penghasil padi terbesar di Indonesia.

“Nantinya, bangunan akan dihiasi sesuai dengan ornamen suku Banten dan berbagai hasil bumi lainnya yang memang berhasil dikembangkan di Banten,” sambung Yono yang mengaku memang datang dari Banten bersama 4 temannya.

Karnaval Toba merupakan rangkaian puncak peringatan HUT RI ke-71. Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Irianti Joko Widodo dijadwalkan akan membuka even yang mengangkat nilai budaya yang ada di Indonesia secara khusus di kawasan Danau Toba, yakni budaya Batak.

“Karnaval ini adalah kombinasi yang sempurna, antara culture, nature, dan man made. Karena itu valuenya akan berimbas pada destinasi Danau Toba,” ujar Vivi Ketua Pelaksana Kegiatan, pada temu pers di Hotel Inna Parapat, Jumat (19/8/2016).

Ada dua bentuk acara yang akan dihelat, pertama konser musik dengan artis-artis ibukota dengan menggunakan panggung mengapung di Pantai Bebas, Parapat, pada Sabtu (20/8) atau hari ini.

Kedua, karnaval kemerdekaan yang sangat etnik pada Minggu 21 Agustus sore di Balige. Dalam karnaval terdapat iring-iringan 700 wanita berpakaian adat yang menyunggi tandok berisi beras, 300 pemain seruling, 100 wanita penari cawan, patung sigalegale yang ditandu, dan banyak lainnya.

 

Editor: Marihot Simamora