1 tahun lalu |20 Agustus 2016 14:42 |1020 Pembaca

Jokowi: Perluasan Pelabuhan Sibolga Harus Cepat

Foto: Presiden Jokowi bersama Gubsu Tengku Erry Nuradi, dan Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, serta pejabat Kementerian dan PT Pelindo, saat meninjau dermaga Pelabuhan Sambas Sibolga, Sabtu (20/8). Dok Humas/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Presiden Joko Widodo menegaskan agar pengerjaan perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga secepatnya dirampungkan. Akhir 2017 kalau bisa sudah selesai.

“Saya minta yang cepat. Kemarin maunya akhir 2018, tapi saya minta akhir 2017. Saya mau yang cepat,” tandas Presiden Jokowi saat groundbreaking pembangunannya, di pelabuhan itu, Sabtu (20/8).

Menurut Presiden, sebagai salah satu pelabuhan tertua di Indonesia, perluasan pelabuhan ini sangat mendesak dilakukan demi kelancaran distribusi barang ke Kepulauan Nias sekitarnya, untuk menekan laju inflasi.

Presiden juga berharap agar setelahnya pengembangan industri di pelabuhan ini harus digenjot. Seperti industri perikanan kelautan.

Foto: Presiden Jokowi bersama Gubsu Tengku Erry Nuradi, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, serta pejabat Kementerian dan PT Pelindo, saat menekan tombol groundbreaking perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga, Sabtu (20/8). Dok Humas/ST Foto: Presiden Jokowi bersama Gubsu Tengku Erry Nuradi, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, serta pejabat Kementerian dan PT Pelindo, saat menekan tombol groundbreaking perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga, Sabtu (20/8). Dok Humas/ST

 

“Orang banyak bertanya, kenapa pemerintah sekarang fokus ke infrastruktur. Karena kita sudah tertinggal jauh dari negara tetangga. Karena infrastruktur jalan tidak baik, pelabuhan yang tidak baik. Harga-harga di negara kita jauh lebih mahal, dua setengah kali lipat dibandingkan Malaysia dan Singapura,” papar Jokowi.

Perluasan pelabuhan ini dikerjakan oleh PT Pelindo I berdana Rp289 miliar. Diantaranya juga pembangunan terminal dua lantai, pengerukan kawasan pelabuhan, menambah panjang dermaga, khususnya dermaga ferry, lalu pematangan tanah di lokasi termasuk mendatarkan bukit Pulau Herek, serta pembangunan gedung kantor dan sejumlah fasilitas pendukung kelancaran operasional pelabuhan.

 

Editor: Marihot Simamora