1 tahun lalu |27 Agustus 2016 12:00 |1380 Pembaca

Usai Karnaval Kemerdekaan, Festival Danau Toba 2016 pun Siap Digelar

Foto: Pertemuan koordinasi Pemkab Tapanuli Utara membahas pelaksanaan Festival Danau Toba 9-12 September 2016 nanti. Buea/ST

TAPUT, SUARATAPANULI.COM – Promosi pariwisata Danau Toba terus digenjot. Setelah semarak Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dihadiri Presiden Joko Widodo, pada 9-12 September nanti ada lagi Festival Danau Toba 2016.

Festival tahunan ini dipusatkan di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara yang letaknya tak jauh dari Bandara Silangit. Kegiatan dimulai dengan melakukan pawai karnaval dari Kota Tarutung (ibukota Kabupaten Tapanuli Utara) menuju Muara.

Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Utara Gibson Siregar menyebutkan, perhelatan akbar yang juga berskala nasional itu berthemakan seni budaya.

“Seluruh kegiatan dilakukan di Muara, salah satu daerah pinggiran Danau Toba yang memiliki pesona pemandangan alam yang luar biasa indah,” ujar Gibson kepada awak media pada temu pers di Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara di Tarutung, Sabtu (27/8).

Banyak acara menarik dan variatif yang sengaja digelar, seperti lomba renang Danau Toba, lomba paramotor layang, lomba solu (perahu dayung khas daerah) lomba duta wisata Danau Toba atau Ucok dan Butet, lomba kuliner, juga lomba fotografi. Ada juga pameran pariwisata, industri dan ekonomi kreatif, serta penampilan artis ibukota, salah satunya Judika Sihotang.

“Festival Danau Toba akan diikuti 7 kabupaten yang berada di sekitar kawasan Danau Toba, juga kabupaten/kota tetangga lainnya,” kata Gibson.

Sementara Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengungkapkan, festival yang berlangsung sejak puluhan tahun ini bertujuan untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan di kawasan Danau Toba, terutama Muara.

“Mari kita sukseskan even ini dengan baik, untuk mengajak wisatawan berkunjung ke Muara,” harap Bupati.

 

 

Editor: Marihot Simamora