1 tahun lalu |9 September 2016 19:09 |1002 Pembaca

Yeah… Semarak Festival Danau Toba 2016 Dimulai

Foto: Pengantin Batak diatas mobil hias peserta pawai Karnaval Budaya FDT 2016. Buea/ST

MUARA, SUARATAPANULI.COM –  Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang dipusatkan di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Jumat (9/9).

Even tahunan oleh Kementerian Pariwisata itu dilaksanakan tepat di tepian danau terbesar di Asia itu, tepatnya di Lapangan Dermaga Muara dengan diawali penampilan Tortor Tumba dan karnaval budaya.

Gubernur menegaskan, FDT bertujuan membangun kebersamaan budaya untuk “Indonesia Kerja”. Dimana pembangunan kawasan Danau Toba menjadi tujuan utama wisatawan di Sumatera Utara harus segera terealisasi.

“Danau Toba sudah seharusnya menjadi tujuan wisatawan dan juga tujuan para investor, hingga mampu meningkatkan pertumbuhan masyarakat sekitar,” tegas Gubernur.

Sebelumnya, tepat pukul 11.00 WIB,  Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan beserta rombongan melakukan pawai festival dari Kota Tarutung (ibukota kabupaten) menuju Muara. Nikson Nababan mengungkapkan even ini menjadi mumentum kebangkitan wisata Danau Toba.

“Mari kita sukseskan even ini dengan baik, dan mengajak wisatawan berkunjung ke Muara,” harap Bupati.

fb_img_1473250435261

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara, Elisa Marbun dalam laporannya menjelaskan berbagai acara menarik dan variatif akan digelar, seperti lomba renang Danau Toba, lomba paramotor layang, lomba solu (perahu dayung khas daerah) lomba duta wisata Danau Toba atau Ucok dan Butet.

Ada juga lomba kuliner, lomba fotografi, pameran pariwisata, industri dan ekonomi kreatif, serta penampilan artis ibukota, salah satunya Judika Sihotang.

“Festival yang diikuti 7 kabupaten sekitar kawasan Danau Toba juga diikuti oleh daerah lainnya seperti DKI Jakarta,” ujar Elisa Marbun.

 

 

Editor: Marihot Simamora