1 tahun lalu |13 September 2016 14:20 |1444 Pembaca

Sinode Godang HKBP Dibuka, Musyawarah Tertinggi Pemilihan Pucuk Pimpinan

Foto: Sinode Godang HKBP ke-63 resmi dibuka, di Gedung Simenarium HKBP Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Selasa (13/9). Buea/ST

TARUTUNG, SUARATAPANULI.COM – Ephorus Pdt WTP Simarmata membuka Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-63 resmi dibuka, di Gedung Simenarium HKBP Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Selasa (13/9).

Musyawarah tertinggi di tubuh salah satu gereja terbesar di Asia Tenggara itu mengagendakan pemilihan pucuk pimpinan. 

Pembukaan sinode ditandai dengan pemukulan lonceng oleh Ephorus. Namun sebelumnya dilaksanakan ibadah pembukaan dengan pengkhotbah Pdt Agustinus Purba STh MA yang juga Ketua Moderamen GBKP (Gereja Batak Karo Protestan).

Dalam khotbahnya, Pdt Agustinus Purba menegaskan, HKBP harus merespon panggilanNya sebagai berkat bagi dunia, bagi Indonesia dan bagi jemaat dengan bersungguh-sungguh menjalankan diakonia, marturia dan kononia.

Mewakili utusan jemaat HKBP, Effendi Simbolon mengharapkan agar organisasi tidak seperti partai politik terutama dalam pemilihan pimpinan. “Politisi itu setengah manusia setengah begu (setan), berbeda dengan pendeta setengah manusia setengah malaikat,” ujarnya.

Sementara Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengungkapkan, menjelang Sinode Godang terdengar ada istilah yang dipakai dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada seperti adanya tim sukses dan “togu-togu ro” atau undangan supaya datang ke pesta.

“Dalam pesawat sesama peserta tidak bersapaan, mungkin karena beda pilihan, Ada kesenjangan dalam sinode godang. Ke depan agar hal ini tidak terjadi, perlu ada kajian proses pemilihan pimpinan,” harap Bupati.

Sedangkan itu, Oppui Ephorus WTP Simarmata dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh undangan.

Sinode sendiri diikuti sebanyak 1.491 peserta dari total 1.591 peserta. Terlihat hadir, mantan Ephorus Emiritus SAE Nababan dan Emiritus Bonar Napitupulu, Anggota DPR RI Nurdin Tampubolon dan Tri Medya Panjaitan. Juga hadir Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Humbanghas Dosmar Banjarnahor, Walikota Sibolga Syafri Hutauruk.

 

Editor: Marihot Simamora