1 tahun lalu |13 September 2016 17:07 |774 Pembaca

Pengamanan Ekstra Sinode Godang HKBP

Foto: Sterilisasi lokasi sebagai salah satu prosedur pengamanan ekstra di Sinode Godang HKBP oleh petugas kepolisian. Buea/ST

SIPOHOLON, SUARATAPANULI.COM – Kepolisian melakukan pengamanan ekstra pada pelaksanaan Sinode Godang HKBP ke-63 di Seminarium Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Sebanyak 214 personil gabungan Brimob dan TNI diturunkan untuk pengamanan sejak 12-18 September 2016 nanti.

“Sebanyak 104 personil Polres Tapanuli Utara, 10 personil Jibom Brimob Polda Sumatera Utara, dan 100 pasukan TNI dari Kodim,” rinci Kapolres Taput AKBP Dudus HD melalui Kasubbag Humas Polres Aiptu Walpon Barimbing, kepada awak media, di Sipoholon, Selasa (13/8).

Seluruh personil pengamanan ditempatkan di 27 titik, mulai dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsun) tepatnya Simpang Tiga jalan menuju Desa Simanungkalit menuju Seminarium sampai ke lokasi sinode.

“Setiap titik pengamanan nantinya akan dijaga secara bergantian dengan sistim piket dan menempatkan 3 hingga 5 orang personel,” sebutnya.

Barimbing menjelaskan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, setiap harinya personel akan melakukan sterilisasi kawasan penyelenggaraan sinode di Seminarium HKBP.

“Setiap hari, Jibom terlebih dahulu melakukan sterilisasi auditorium tempat Sinode Godang, dan setiap peserta yang memasuki gedung terlebih dahulu diperiksa dengan alat metal detector dari Brimob, seluruh tas dan barang bawaan peserta akan diperiksa demi kenyamanan sinode,” tegas Barimbing.

Dijelaskannya lebih lanjut, kepolisian juga akan mengawasi kondisi lalulintas yang masuk ke kawasan digelarnya sinode. Anggota Satlantas juga akan ditempatkan untuk mengawasi jalan-jalan umum di sekitar lokasi. Dan memberikan pengamanan langsung kepada semua calon Ephorus.

“Pokoknya polisi benar-benar siaga, agar setiap rangkaian agenda berlangsung aman dan tertib tanpa ada gangguan. Kami akan berusaha mengawasi keamanan dan ketertiban lalulintas, agar sinode berjalan lancar dan nyaman,” pungkasnya.

 

 

Editor: Marihot Simamora