1 tahun lalu |16 September 2016 22:15 |714 Pembaca

Ditinggal ke Ladang, Rumah Gulo di Sigotom Tukka Ludes Terbakar

​Foto: Rumah warga yang terbakar di Kecamatan Tukka, Tapanuli Tengah. Ist

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Gulo dan istrinya hanya bisa pasrah menatap rumah dan seluruh harta benda di dalamnya sudah ludes terbakar, Jumat(16/9) siang. Peristiwa yang menghanguskan 3 unit rumah semi permanen itu terjadi di Lingkungan ll, Kelurahan Sigotom, Kecamatan Tukka, Tapanuli Tengah.

Ironinya, saat kejadian keduanya sedang berada di ladang. Setelah mendapat informasi kebakaran dari salah satu warga setempat, mereka bergegas pulang.

“Waktu kami sampai, rumah kami sudah habis semua. Aku dan istri tadi di ladang. Kejadian ini kami tahu karena dikabari,” ujar Gulo.

Menurut salah satu warga, api diduga berasal dari rumah keluarga J Tambunan. Lalu merambat ke rumah yang didiami keluarga Gulo (25) dan Simbolon (37). Sumber api diduga dari korsleting listrik.

“Dispensernya korslet, sehingga menimbulkan percikan api lalu menyambar kompor gas,” ujar warga yang mengaku bermarga Pardede.

Warga sekitar sempat berupaya memadam api dengan peralatan seadanya. Tapi si jago merah lebih tangguh. Tak lebih dari 1 jam, ketiga rumah yang saling berdempetan itu sudah jadi abu.

Petugas penjinak api Pemkab Tapanuli Tengah yang tiba sekitar 1 jam kemudian nyaris tak berguna. Mereka hanya tinggal menyirami bara sisa apinagar padam total. Pihak kepolisian dari Polsek Pandan kemudian melakukan penyelidikan.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun para korban mengalami kerugian materi ditaksir hingga ratusan juta rupiah. Keluarga korban sementara dievakuasi ke rumah tetangga dan kerabatnya. (HS)

 

Editor: Marihot Simamora