1 tahun lalu |18 September 2016 14:12 |1196 Pembaca

Pdt Darwin Ditahbiskan sebagai Ephorus HKBP di Pearaja

TARUTUNG, SUARATAPANULI.COM – Ephorus HKBP terpilih Pdt Darwin Lumbantobing ditahbiskan di Gereja HKBP Pearaja Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (18/9).

Pelantikan itu dipimpin oleh pendeta tertua peserta Sinode Godang HKBP ke-63 kemarin, yakni Pdt Anggiat Hutauruk. Pdt Darwin Lumbantobing akan memimpin HKBP untuk periode 2016-2020.

Turut juga dilantik, Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea, Kepala Departemen Koinonia Pdt Martongo Sitinjak, Kepala Departemen Marturia Pdt Anna Vera Pangaribuan, Kepala Departemen Diakonia Pdt  Debora Sinaga, serta 30 pendeta pejabat Preases.

Di hadapan ribuan jemaat, pelantikan ditandai dengan penyerahan kalung salib dari pejabat lama Emiritus Ephorus Pdt WTP Simarmata kepada Pdt Darwin Lumbantobing sebagai Ephorus yang baru.

Dalam acara kebaktian, Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing dalam khotbahnya menekankan bahwa dalam pelaksanaan sinode godang tidak pernah melibatkan partai politik, pemerintahan, dan tidak juga merupakan hajatan sosial (perasaan, red).

“Sinode Godang dibimbing oleh kuasa Tuhan, jadi tidak boleh ada campur tangan kepentingan partai politik dan pemerintahan, tidak boleh ada pengaruh bupati dalam sinode godang,” tegasnya sembari menghimbau agar jemaat mengumandangkan bahwa HKBP adalah lembaga keumatan.

 

Editor: Marihot Simamora