1 tahun lalu |23 September 2016 00:34 |717 Pembaca

2 Pegawai Bank Sumut Doloksanggul Divonis 1 Tahun Penjara

Foto: Majelis Hakim saat membacakan putusan kepada kedua terdakwa. (dok/ist)

DOLOKSANGGUL, SUARATAPANULI.COM – Pengadilan Negeri Tarutung memvonis 1 tahun penjara untuk dua pegawai Bank Sumut Cabang Doloksanggul, Kabupaten Humbahas yang terbukti sebagai penyalahguna narkotika. Sidang putusan dengan terdakwa Hendri Fransisco Panjaitan (26) dan Eriansyah Rangkuti (26) tersebut digelar di Doloksanggul, Kamis (22/9).

“Menghukum kedua terdakwa dengan pidana penjara masing-masing satu tahun. Menetapkan barang bukti berupa 7,64 gram ganja dan 0,44 gram sabu-sabu,” ujar Ketua Majelis Hakim Budiman Sitorus membaca putusan.

Hukuman itu sebenarnya 1 tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Namun majelis hakim menyebutkan bahwa hal yang meringankan bahwa kedua terdakwa belum pernah dihukum, berlaku sopan, dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Kedua terdakwa pun menyatakan menerima putusan itu. Dan sebelumnya di dalam persidangan, kedua terdakwa mengakui akan kepemilikan narkotika itu saat mereka ditangkap polisi di Cafe Vegas, Desa Hutaraja, Doloksanggul pada Sabtu (26/3/2016) lalu.

Sementara JPU Mahlia Reta, Arjansyah, dan Debi Kristina saat dikonfirmasi wartawan mengaku pikir-pikir untuk menyatakan banding. “Tuntutan kami memang 2 tahun. Banding nanti kita pikir-pikir dulu,” katanya. (tim)

 

Editor: Marihot Simamora