1 tahun lalu |27 September 2016 22:08 |1157 Pembaca

Inilah Alasan KPU Tapteng Tak Terima SAMUAL

Foto: Timbul Panggabean. (dok/ist)

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Komisioner KPU Tapanuli Tengah Divisi Teknis dan Penyelenggara Timbul Panggabean menjelaskan alasan dan dasar ditolaknya pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Syariful Alamsyah Pasaribu-Mual Berto Hutauruk (SAMUAL).

Selain karena dualisme kepemimpinan di tubuh Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai partai pengusungnya, KPU pun tidak lagi memverifikasi partai politik pengusung.

“Yang diinginkan sesuai peraturan bahwa B.1-KWK itu harus rekomendasi dari DPP (pusat) harus ditandatangani oleh ketua umum dan sekretaris jenderalnya. Tapi yang terjadi ada dua pasangan yang membawakan PKPI, yang satu ditandatangani oleh Pjs ketua umum dan sekretaris jenderal, yang satu lagi ditandatangani oleh ketua umum dan wakil sekretaris tanpa ada penjelasan,” jelas Timbul, kepada wartawan, di Pandan, Selasa (27/9).

Dikatakan Timbul, dalam memutuskan persoalan itu, pihaknya berpanduan dari Web KPU RI yang menyebutkan bahwa Ketua Umum PKPI adalah Isran Noor dan Sekretaris Jenderalnya Samual Samson, sesuai dengan surat Kemenkumham RI Nomor AHU.4.AH.11.01.84 tanggal 20 September 2016 perihal penegasan susunan personalia DPN PKPI.

“Jadi inilah model dari verifikasi itu, sesuai dengan apa yang terdaftar di Web KPU,” tandasnya lagi.

Atas dualisme kepengurusan itulah, sambung Timbul, keluar Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2016 yang memberi penegasan dan penjelasan tentang syarat pencalonan.

“Intinya konflik di partai jangan dibawa ke KPU, tapi selesaikan di partai,” tegasnya.

Ditambahkan Timbul, KPU memang tidak lagi melakukan verifikasi terhadap partai politik pengusung. Itu untuk menghindari adanya dualisme kepemimpinan di partai tersebut.

“Sekali lagi saya sampaikan, tidak ada verifikasi di partai politik sebagai syarat pencalonan. Yang ada itu verifikasi pada syarat-syarat calonnya saja,” tandasnya.  (tim)

 

 

Redaktur: Mora