1 tahun lalu |4 Oktober 2016 09:15 |928 Pembaca

Ditolak, SAMUAL Gugat Keputusan KPU Tapanuli Tengah

Foto: Tim kuasa hukum SAMUAL yang mengajukan gugatan sengketa pilkada ke Panwaslih Tapanuli Tengah. (dok/ist)
TAPANULI TENGAH, SUARATAPANULI.COM – Melalui kuasa hukumnya, pasangan Sariful Alamsyah Pasaribu-Mual Berto Hutauruk mengugat keputusan KPU Tapanuli Tengah tentang penolakan pendaftaran keduanya sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. Permohonan tentang penyelesaian sengketa pilkada itu disampaikan ke Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) setempat, di Pandan, Senin (3/10) malam.
“Klien kami merasa dirugikan dengan keputusan KPU Tapanuli Tengah yang mengeluarkan berita acara tentang penolakan pendaftarannya pada tanggal 23 September 2016 lalu, dengan alasan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara data KPU dengan data yang dibawa oleh pasangan SAMUAL,” ujar Helen NM Napitupulu SH MH bersama partnernya Surya Dharma Pardede SH dan Chandra DSM Sitio SH saat menyampaikan gugatan dari pasangan yang dikenal dengan sebutan SAMUAL itu.

Helen menyayangkan, KPU
Tapanuli Tengah tidak memiliki inisiatif atau pertimbangan untuk mengklarifikasi terlebih dulu perbedaan data itu.

“Pada saat mendaftar itu KPU Tapanuli Tengah tidak berinisiatif untuk melakukan verifikasi soal perbedaan data itu. Mereka langsung menolak. Kenapa tidak diterima saja dulu, kan ada waktu untuk melakukan verifikasi, dan itu dibenarkan oleh undang-undang,” sebutnya.

Atas gugatan itu, tim kuasa hukum berharap Panwaslih akan memberikan keputusan yang terbaik berdasarkan hukum yang berlaku.

“Besar harapan kami Panwaslih Tapanuli Tengah memutuskan dengan seadil-adilnya, dengan memperhatikan aspek kepentingan hukum, serta kepentingan dan kerugian yang dialami pasangan SAMUAL,” ungkapnya. (FS)

Editor: Mora