1 tahun lalu |5 Oktober 2016 23:29 |597 Pembaca

Perbukitan Danau Toba di Bakkara Terbakar

Foto: Kebakaran di kawasan perbukitan Danau Toba, Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Humbahas. (dok/ist)

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Perbukitan Danau Toba di kawasan Bakkara, Desa Marbun Dolok, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas kembali terbakar, Rabu (5/10). Api sudah menyala sejak pukul 11.00 WIB.

“Tadi sekitar jam 11 asap sudah mengepul dan terlihat dari jarak sekitar 5 kilometer. Saya melihat dari bukit Desa Siunongunong Julu,” kata warga setempat bermarga Purba.

Amatan, api melahap pepohonan dan semak belukar. Areal bekas terbakar terlihat menghitam. Hingga pukul 17.30 WIB api masih terus menyala dan meluas. Tiupan angin memicu api menjalar hingga ke atas perbukitan Nahornop Kecamatan Pollung.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran di perbukitan yang terjal tersebut. Namun warga sekitar mengaku khawatir kebakaran itu akan memaksa satwa liar yang hidup di areal tersebut turun ke perkampungan mereka.

Warga juga menyampaikan bahwa kawasan pegunungan yang mengelilingi Danau Toba di daerah itu memang kerap terbakar, apalagi saat musim kemarau. Sayangnya setiap kali terjadi kebakaran, tidak ada upaya pemadaman. Warga pun berharap pemerintah lebih memperketat pengawasan terhadap hutan di daerah itu.

Kepala Pelaksana BPBD Humbahas Tumbur Hutagaol membenarkan terjadinya kebakaran. Namun diakuinya, titik api yang berada di perbukitan membuat pihaknya kesulitan untuk upaya pemadaman. Sementara pihaknya hanya bisa melakukan penyelidikan sumber api.

“Iya, kami sedang menyelidiki asal apinya sambil terus memonitor perkembangan keadaan di lokasi itu,” kata Tumbuh kepada wartawan. (tim)

 

 

Redaktur: Mora