1 tahun lalu |12 Oktober 2016 10:46 |702 Pembaca

Sungai Penopang Pertanian di Tarutung Dinormalisasi

Foto: Kepala Dinas PU Tapanuli Utara Anggiat Rajagukguk di lokasi normalisasi sungai di Kecamatan Tarutung. (Buea/ST)

TARUTUNG, SUARATAPANULI.COM – Untuk mewujudkan Tapanuli Utara menjadi lumbung pangan yang handal, dinas pekerjaan umum setempat melakukan normalisasi sejumlah sungai penopang irigasi pertanian, Rabu (12/10). Normalisasi sungai sepanjang 4,5 km itu diantaranya pada Sungai Harangan, Sungai Sibulbulon dan Sungai Aek Ristop.

“Hasil pengamatan dan banyak keluhan masyarakat petani di Desa Hutagurgur, Desa Partali Julu, Parbaju Julu dan Kelurahan Partali Toruan, Kecamatan Tarutung soal sungai-sungai ini, maka perlu dinormalisasi,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tapanuli Utara Anggiat Rajagukguk di lokasi.

Dijelaskan Anggiat, banjir selalu hambatan besar bagi petani setiap tahunnya. Amatan pihaknya, bila hujan turun air sungai kerap meluap dan membanjiri ratusan hektar lahan pertanian di sekitarnya. Petani menjadi merugi bahkan gagal panen.

“Kami pikir ini solusinya. Masyarakat petani juga senang,” timpal Anggiat.

Normalisasi berupa pengerukan dasar dan pelebaran badan serta penguatan bantaran sungai itu dilakukan dengan alat berat milik instansi tersebut. Selanjutnya normalisasi juga akan dilakukan hingga ke sungai di Desa Pancurnapitu, Kecamatan Siatasbarita.

 

 

Editor: Mora