2 tahun lalu |30 Maret 2016 00:22 |973 Pembaca

Kerugian Banjir Tapteng Rp3 Miliar

Foto: Salah satu areal persawahan di Kecamatan Barus, Tapteng, yang terendam banjir, Rabu (23/3). Ray T/SuaraTapanuli.Com

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM- Kerugian materi akibat bencana banjir bandang yang melanda sejumah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Selasa (22/3) lalu diperkirakan mencapai Rp3 miliar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng Marhite Rumapea menyatakan kerugian terbesar disebabkan oleh kerusakan ratusan hektar sawah warga, dan sarana infrastruktur. Data semua kerusakan tersebut sudah dilaporkannya ke BPBD provinsi dan BNPB pusat.

“Dari hasil pendataan, kerugian ditaksir Rp3 miliar. Itu meliputi ribuan rumah warga yang rusak berat dan ringan, petani yang gagal panen, jembatan gantung (rambing) putus, irigasi yang jebol di Barus, jalan yang longgsor, barang-barang dagangan dan ternak yang hanyut terbawa banjir. Semoga ada bantuan dari provinsi atau pusat nanti‬,” kata Marhite, di Pandan, Selasa (29/3).

Sedikitnya 8 kecamatan di Tapteng yang terkena bencana air bah tersebut. Ribuan rumah warga terendam air antara 50 cm hingga 2 meter. Warga terpaksa mengungsi dan pelajar diliburkan secara situasional. Yang terparah yakni di Kecamatan Barus, Pandan, Tukka, dan Sarudik.

Editor: Mora