1 tahun lalu |17 Oktober 2016 14:20 |917 Pembaca

Wuih… 96 Kg Ganja dan 431 Gram Sabu Dibakar di Simaremare

Foto: Pemusnahan barang bukti kasus narkotika oleh Forkopimda Sibolga dan Tapanuli Tengah.

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Sebanyak96,95 kilogram ganja dan 431,45 gram sabu-sabu dimusnahkan usai upacara Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Lapangan Simaremare, Kota Sibolga, Senin (17/10). Semua itu adalah hasil sitaan dari para bandar dan pengguna narkotika di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli tengah yang telah divonis oleh Pengadilan Negeri Kota Sibolga

Pemusnahan dengan cara dibakar itu dilakukan oleh jajaran Forkopimda kedua daerah. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sibolga Timbul Pasaribu menyebutkan, jenis barang bukti narkotika dan tindak pidana umum yang dimusnahkan antara lain ganja, sabu-sabu, dan lembaran uang palsu.

“Barang bukti yang kita musnahkan yakni ganja 96.953,492 gram dan
431,453 gram sabu-sabu, serta 200 lembar uang palsu pecahan Rp50 ribu. Semua itu dari sebanyak 223 berkas perkara,” katanya.

Menurut Kajari, pemusnahan kali ini dapat dijadikan momentum bagi seluruh elemen masyarakat, pelajar, pemerintah, TNI/Polri, maupun OKP dan ormas, untuk selalu mawas diri dari segala bentuk penyalahgunaan narkotika, serta tindak kejahatan lain yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sementara itu Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam amanatnya menyampaikan, peringatan ini merupakan ungkapan keprihatinan terhadap para korban penyalahgunaan narkoba. Selain itu juga sebagai momentum kesiapan seluruh elemen masyarakat dalam memerangi penyalahgunaan narkoba dan peredarannya.

“Kenyataan menunjukkan jumlah penyalahgunaan narkoba terus meningkat dan menyasar baik orang dewasa hingga anak-anak. Menurut data dari kepolisian, tidak kurang dari Rp2,5 miliar setiap bulannya beredar uang hasil transaksi narkoba di Kota Sibolga,” ujar Walikota. (ps/tim)

 

 

Editor: Mora