1 tahun lalu |17 Oktober 2016 23:43 |492 Pembaca

Perubahan APBD Humbahas 2016 Belum Dibahas

Foto: Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit. (dok/ist)

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Tahun Anggaran 2016 tinggal 2 bulan lagi, tapi DPRD dan Pemkab Humbahas belum juga membahas Perubahan APBD. Selain karena esekutif belum menyampaikan draft-nya ke legislatif, juga akibat terlambatnya Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Faktor itu dibenarkan oleh Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit. Diakuinya bahwa pihaknya belum juga menerima draft Perubahan APBD dari eksekutif. Dan laporan hasil pemeriksaan BPK terlambat keluar, yakni pada September lalu.

“Benar, sampai saat ini draf Perubahan APBD 2016 belum masuk dari Pemkab Humbahas. Lalu biasanya LHP BPK itu keluar sekitar bulan Juli atau awal Agustus, tapi untuk LKPD kita baru keluar September. Ini yang membuat keterlambatan pembahasan Perubahan APBD,” terang Manaek kepada wartawan, Senin (17/10).

Guna mempercepat penetapan Perubahan APBD 2016, Manaek berharap minggu ini eksekutif sudah mengusulkan draft-nya ke legislatif, agar bisa segera dibahas. “Target paling lambat 2 November 2016 P-APBD sudah disetujui untuk menjadi peraturan daerah,” katanya.

Manaek juga menyinggung Perubahan APBD 2016 nanti yang diprediksi berkurang akibat adanya penarikan DAU (dana alokasi umum) APBD 2016 oleh pemerintah pusat. “Prediksi saya hanyalah di kisaran Rp20 miliar,” tandasnya. (as/tim)

 

Editor: Mora