1 tahun lalu |18 Oktober 2016 14:19 |955 Pembaca

Panwaslih Kabulkan Gugatan SAMUAL, KPU Tapteng Diminta Terima Pendaftarannya

Foto: Bakal calon Bupati Tapanuli Tengah Syariful Alamsyah Pasaribu. (dok/ist)

PANDAN, SUARATAPANULI.COM – Sidang sengketa Pilkada Tapanuli Tengah (Tapteng) di Panwaslih setempat berakhir dengan kemenangan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Syariful Alamsyah Pasaribu-Mual Berto Hutauruk (SAMUAL), sebagai pemohon.

Dalam sidang putusan yang digelar di Kantor Panwaslih di Pandan, Selasa (18/10) itu, Panwaslih menetapkan mengabulkan permohonan pemohon.

“Permohonan dikabulkan dan putusannya akan kamk lanjuti,” sebut Ketua Panwaslih Tapteng Jonas Bernad Pasaribu.

Dalam putusan tersebut, Panwaslih juga menetapkan agar termohon yakni KPU Tapteng membatalkan berita acara Nomor: 62/BA/IX/2016 tanggal 23 September 2016 tentang Penolakan Pendaftaran Pasangan Bakal Calon Syariful Alamsyah Pasaribu-Mual Berto Hutauruk.

Memerintahkan KPU Tapteng untuk menerima pendaftaran SAMUAL dan membuat berita acara penerimaan pendaftaran. Dan KPU juga diperintahkan untuk melakukan verifikasi faktual syarat pencalonan terhadap DPN PKPI Pusat sesuai surat Menteri Hukum dan HAM, serta melakukan penelitian, verifikasi dan pemeriksaan keterpenuhan syarat calon dengan batas waktu paling 1 hari sebelum tahapan penetapan calon.

Sidang yang digelar mulai pukul 08.00 WIB itu dihadiri oleh kuasa hukum SAMUAL dan pihak KPU Tapteng. Sidang yang dipimpin oleh Ketua Panwaslih itu mendapat pengawalan dari aparat kepolisian. (fs/tim)

 

 

Editor: Mora