2 tahun lalu |30 Maret 2016 12:19 |944 Pembaca

Ketua LPKSM Desak Pemko Bentuk BPSK Sibolga

Foto: Ketua LPKSM Sibolga Erwin Syachrul Simatupang.

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM- Ketua LPKSM (Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat) Kota Sibolga Erwin Syachrul Simatupang mendesak Pemko Sibolga membentuk BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen). Sebab tim panitia pemilihannya sudah dibentuk November 2015 lalu.

Tim itu dibentuk melalui Keputusan Walikota Sibolga Nomor: 510/407/2015 tentang Pembentukan Tim/Panitia Pemimihan Calon Anggota BPSK Kota Sibolga Periode 2015-2020 tanggal 19 November 2015 lalu yang diteken oleh Pj Walikota Sibolga Aspan Sofian.

“Ketua timnya Sekda Pak Mochammad Sugeng. Ikut di dalamnya dari Disperindagkop & UKM, Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan Bagian Hukum, pelaku usaha, dan dari LPKSM,” kata Erwin kepada¬†SUARATAPANULI.COM, di Sibolga, Rabu (30/3).

Dengan terbentuknya BPSK, sambung Erwin, maka setiap persoalan hukum menyangkut keluhan konsumen dan legalisasi produk yang diperdagangkan di Sibolga dapat ditampung dan terselesaikan. Selama ini LPKSM, hanya bisa menjalankan tupoksinya untuk pengawasan, monitoring dengan turun atau sidak ke lapangan.

“Kami sendiri (LPKSM Kota Sibolga) sering menerima keluhan konsumen dan menemukan persoalan di lapangan. Seperti masalah expired, perizinan dan labelisasi, kandungan atau komposisi dalam sebuah produk. Tapi kami hanya bisa memediasi dan mensosialisaikan, supaya produsen mempedomani aturan yang ada atau komsumen untuk jeli memperhatikan ketika hendak membeli sebuah produk,” jelas Erwin.

Namun dia berharap proses seleksinya nanti dapat benar-benar menjaring orang yang kompeten dan profesional. “Maunya orang-orang paham soal hukum dan produk,” kata Erwin.

Editor: Mora