1 tahun lalu |27 Oktober 2016 16:32 |741 Pembaca

Begini Teknis Kampanye di Pilkada Tapanuli Tengah

Foto: Sosialisasi teknis kampanye di Pilkada 2017.
TAPTENG, SUARATAPANULI.COM РKPU Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar sosialisasi teknis pelaksanaan kampanye pada Pilkada serentak 2017 mendatang di Aula Toba Room PIA Hotel Pandan, Kamis (27/10). Sosialisasi menghadirkan narasumber Komisioner KPU Sumatera Utara, Yulhasni.

Dalam sosialisasi yang dipimpin oleh Komisioner KPU Tapanuli Tengah itu hadir tim pemenangan dari keempat pasangan calon, serta pihak Polri dan TNI.

Dalam pemaparannya Yulhasni menyampaikan sejumlah regulasi kampanye, salah satunya prinsip dan metode kampanye. Yakni prinsip kampanye yang jujur, terbuka dan dialogis, meningkatkan partisipasi pemilih, pasangan calon memiliki hak kesempatan, serta perlakuan yang adil dan setara dalam kampanye. Kemudian, metode yang berlaku di Pilkada serentak 2015 lalu sudah berubah di Pilkada 2017. Dan metode kampanye ditahap kedua ini sudah diatur dalam PKPU Nomor 12 tahun 2016.

Selain itu, Yulhasni juga menyampaikan sejumlah larangan dan ketentuan kampanye yang harus ditaati oleh keempat pasangan calon di Pilkada Tapanuli Tengah.

Menurutnya lagi, metode kampanye pasangan calon yang diatur dalam PKPU Nomor 12 tahun 2016 itu terbagi dua, yakni metode kampanye yang difasilitasi KPU dan metode kampanye difasilitasi  pasangan calon kepala daerah.

“Di Pilkada 2017 metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU hanya kegiatan debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon, iklan media massa dan elektronik, penyebaran bahan kampanye, serta pemasangan alat peraga kampanye (APK),” katanya. (fs/tim)

Editor: Mora