2 tahun lalu |30 Maret 2016 15:41 |1349 Pembaca

SENSASI GULAI HIU YANG ‘BERKHASIAT’ BAGI PRIA DEWASA

Foto : Gulai ikan hiu Salah satu menu andalan di warung Mak Sarip. Ray/ST

BAGI Anda pecinta kuliner ekstrim, mungkin yang satu ini wajib dicoba. Bahan bakunya dari daging ikan laut paling ditakuti di samudera raya, bahkan oleh manusia. Sebab ikan ini adalah pemangsa teratas dalam rantai makanan.

Penulis: Ray T – Tapteng

Namanya ‘Gulai Ikan Hiu’. Karena ‘keperkasaannya’ itu, menu jenis ikan yang satu ini sulit untuk ditolak lidah. Apalagi kalau sudah dimasak dengan bumbu-bumbu khas yang tepat, gulai hiu menjadi menu terlezat sekaligus sensasional bagi para penikmat kuliner laut.

Bagi masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), gulai hiu sudah menjadi salah satu penganan yang paling banyak diburu. Selain karena rasanya yang lezat, warga di daerah sentra penghasil ikan laut itu menyebutkan bahwa gulai hiu berkhasiat bagi kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi pada musim hujan.

Adalah Azzawani Pasaribu, satu-satunya pemilik rumah makan di Jalan Raja Junjungan Lubis, Pandan, Tapteng yang setiap hari menyediakan menu ikan bagi pelanggannya. “Setiap hari menu ikan hiu harus selalu ada. Kalau kosong, pelanggan pasti kecewa, warung jadi sepi,” ujarnya.

Sehari, Azzawani membutuhkan sedikitnya 10 kilogram daging ikan hiu segar untuk diolahnya menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari digulai, digoreng sambal, hingga direbus.

Guna menambah sensasi rasa demi kepuasan lidah pelanggannya, ia memadunya lagi dengan beragam bumbu rahasia sendiri. Dan, wanita yang kerap disapa Mak Sarip ini mengungkapkan, untuk menghilangkan aroma amis daging ikan hiu, ia hanya melumurinya dengan perasan air jeruk seteah ikan dibersihkan.

Untuk seporsi gulai ikan hiu dibandrol seharga Rp10.000. Dalam sehari bisa sekitar 50 porsi yang laku terjual. “Umumnya yang paling disukai pelanggan itu memang menu ikan hiu gulai,” ucapnya.

Menariknya lagi, Azzawani mengatakan bahwa umumnya pelanggan tetap gulai hiu itu adalah para pria dewasa. Kenapa?

“Saya tidak tahu pasti apa khasiat daging ikan hiu ini bagi pria dewasa. Tapi sangat disukai para pria,” katanya.

Untuk bahan baku, Azzawani sendiri biasanya membeli hiu dari pasar ikan di kawasan Jalan Balam, Kota Sibolga. Harga perkilogramnya sekitar Rp25.000. “Tapi terkadang untuk pembelian ikan hiu harus lebih dulu diorder kepada pedagangnya, karena jumlahnya terbatas,” tandasnya.

Puddin, salah satu penggemar gulai hiu Mak Sarip mengemukakan, sensasi rasa dan cara penyajian yang khas membuat ia menggemari menu tersebut. Puddin mengaku hampir setiap hari makan gulai hiu di warung langganannya itu, biasanya saat jam makan siang. Disamping itu, Puddin juga mengakui khasiat ekstra dari gulai hiu bagi dirinya sebagai pria yang telah berkeluarga.

“Tentunya karena juga memberikan khasiat bagi kesehatan,” ujar Puddin sambil menyantap lahap gulai hiu dari piringnya di warung Mak Sarip.

Editor: Mora