1 tahun lalu |31 Oktober 2016 19:42 |1116 Pembaca

DPS Pilkada Tapteng Sebanyak 239.022

Foto: Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPS Pilkada Tapteng, Senin (31/10).

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Tapanuli Tengah ditetapkan sebanyak 239.022. DPS ini akan disebarkan ke masyarakat untuk kemudian termutakhirkan dan hasilnya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sesuai hasil rekapitulasi di tingkat PPK, jumlah desa/kelurahan ada 215, jumlah TPS 552, pemilih laki-laki sebanyak 118.784, dan pemilih perempuan sebanyak 120.238, sehingga total jumlahnya 239.022 pemilih,” jelas Ketua KPU Tapanuli Tengah Halomoan Lumbantobing pada Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPS, Senin (31/10).

Rapat pleno dihadiri Panwaslih, tim pemenangan keempat pasangan calon, dan seluruh PPK se-Tapanuli Tengah.

Halomoan menyatakan data itu merupakan hasil rekapitulasi pemilih di tingkat kecamatan, yang sudah melalui tahapan pemutakhiran data Pemilihan Presiden atau Pilpres 2014, yang kemudian disinkronisasi dengan Sidalih KPU RI.

Pastikan Anda Terdaftar di DPS dan DPT

Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2017, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menghimbau seluruh masyarakat agar memastikan diri terdaftar sebagai pemilih. Imbauan tersebut disampaikan Asisten I Pemerintahan Antonius Simanjuntak, Senin (31/10).

“Karena saat ini pemerintah dan penyelenggara pemilu tengah melakukan penyempurnaan daftar pemilih, baik sementara (Daftar Pemilih Sementara/DPS) maupun tetap (Daftar Pemilih Tetap/DPT),” ucap Antonius.

Seperti yang telah diatur dalam PKPU Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemutakhiran Data Pemilih dan Pemilih Tetap Dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Walikota/Wakil Walikota dan Bupati dan Wakil Bupati, Pasal 3 tentang Hak Memilih, dimana di
sebutkan usia di atas 17 tahun memiliki hak memilih.

“Kami menghimbau kepada warga Tapanuli Tengah agar memastikan diri terdaftar, karena tahapan sekaranglah, ada penyempurnaan daftar pemilih sementara menjadi daftar pemilih tetap, sehingga pada waktunya ini tidak menjadi persoalan,” imbaunya.

Antonius juga mengatakan, selain tugas penyelenggara pemilu, Pemkab Tapteng dan semua pihak, juga memiliki tanggungjawab yang besar untuk mengingatkan kembali, agar seluruh warga Tapanuli Tengah peduli terhadap keikutsertaannya Pilkada 15 Februari 2017 mendatang. (tim)

 

 

Editor: Mora