1 tahun lalu |31 Oktober 2016 19:51 |1578 Pembaca

Aek Sirahar Meluap Lagi, Barus Terendam Lagi

Foto: Kawasan pemukiman warga di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah yang dilanda banjir akibat luapan Sungai Aek Sirahar.

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM – Hujan yang melanda sejak Jumat (28/10) sore hingga Minggu (30/10) dini hari membuat ratusan rumah di Kelurahan Padang Masiang hingga ke Desa Pasar Terandam, Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah (Tapteng) kembali terendam banjir, Senin (31/10). Banjir berasal dari luapan Sungai Aek Sirahar.

Meski belum ada laporan korban jiwa, namun dampaknya cukup merepotkan warga. Terutama bagi para pelajar. Pihak sekolah di tepi sungai itu terpaksa memulangkan siswanya karena area sekolah hingga ruang kelas mereka terendam air. Sementara di pemukiman warga, air mencapai ketinggian lutut orang dewasa. Sedangkan di jalan raya mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

“Hujan deras disertai banjir Minggu sore hingga Senin pagi itu membuat ruang kelas kami digenangi air. Selain air masuk ke sekolah kami, rumah kami di Pasar Terandam juga banjir, makanya kami libur,” kata Desy (14) salah seorang siswa MIS NU Barus.

Kepala Desa Pasar Terandam A Rifai menyebutkan, luapan sungai di kampungnya itu juga diperburuk dengan naiknya pasang air laut.

“Kami berharap perbaikan tanggul di pinggiran Sungai Aek Sirahar itu benar-benar dikerjakan, dan harus segera. Kami warga di sini sudah lelah kena banjir terus. Aek Sirahar ini dari dulu sampai sekarang belum bisa dinormalisasi,” sebut A Rifai. (tim)

 

 

Editor: Mora