11 bulan lalu |21 November 2016 21:26 |1361 Pembaca

2017, Pemkab Tapanuli Utara hanya dengan 27 SKPD

Foto: Ottoniyer Simanjuntak.

TAPANULI UTARA, SUARATAPANULI.COM – Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan berubah nama menjadi organisasi perangkat daerah (ODP). Di Kabupaten Tapanuli Utara pada 2017 nanti akan menjadi 27 ODP. Itu hasil rapat paripurna tentang persetujuan bersama antara DPRD dan Bupati Tapanuli Utara terhadap rancangan peraturan daerah penetapan OPD.

“Kita tinggal menunggu evaluasi dari gubernur untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah,” terang Ketua DPRD Tapanuli Utara Ottoniyer Simanjuntak kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (21/11).

Diterangkan Otto, sebelumnya SKPD yang sekarang berubah menjadi OPD. Tadinya ada sebanyak 33 instansi dan sekarang diajukan menjadi 27. Hal ini, menurut Otto, merupakan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 dan PP 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Lebih lanjut dijelaskannya, perampingan itu dilakukan untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan OPD. Agar semua tata kerja jelas, serta pembagian habis tugas rentang kendali. Dengan lebih ramping, maka anggaran juga akan lebih efektif dan efesien, karena belanja modal akan berkurang. Anggaran dapat dialihkan kepada belanja langsung yang sifatnya lebih menyentuh kepada masyarakat.

“Artinya, kalau bisa disatukan kenapa harus dibagi. Dengan perampingan tata kerja, fleksibitasnya akan efektif dan efesien,” jelasnya.

Terkait penyusunan Rancangan APBD 2017, Otto mengungkapkan pihaknya mendesak eksekutif menetapkan pelaksana tugas yang bertanggungjawab membuat usulan anggaran yang akan dibahas di DPRD. “Silahkan bupati menunjuk siapa pelaksana tugas. Hal ini agar anggaran untuk tahun 2017 dapat dibahas dan ditetapkan secepatnya,” pungkasnya.

 

Editor: Marihot Simamora