1 tahun lalu |5 Februari 2017 15:30 |732 Pembaca

Nikson Salut dan Bantu Pengrajin Taganing di Siatasbarita

Foto: Samuel Harianja saat memainkan seruling khas musik Batak, didengar Bupati Nikson Nababan.

 

SUARATAPANULI.COM, TAPUT – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan rombongan mendatangi ‘bengkel’ Samuel Harianja, pengrajin taganing di Dusun Banjar Dolok, Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatasbarita, Sabtu (4/2).

Di bengkel kecil yang juga rumah itu, Nikson terlihat akrab ngobrol seputar kemampuan Samuel dalam membuat berbagai alat musik tradisional khas Batak tersebut.
Nikson bahkan sempat ngakak dan geleng kepala menunjukkan rasa takjubnya saat Samuel memainkan seruling dan hasapi sesuai ‘request’ bupati itu.

“Kapan kamu bisa datang ke rumah, ajarin saya,” celetuk Nikson.

“Kapan Bapak punya waktu luang, saya bisa datang,” jawab Samuel yang disambut gelak tawa.

Usai mendengar keluh kesah sebagai pengrajin tradisional yang nyaris tergerus jaman itu, Nikson berjanji memberikan bantuan untuk pengembangan bengkel Samuel.
“Dari saya pribadi mesin bor. Selanjutnya nanti saya koordinasikan dengan instansi terkait,” kata Nikson sembari memesan satu unit hasapi dengan ukiran dirinya yang dan langsung disanggupi Samuel.

Menurut Nikson, untuk lebih dikenal, Pemkab Tapanuli Utara akan mempromosikan alat-alat musik produksi daerah itu, dengan melibatkan langsung Samuel untuk mengikuti even-even budaya.

“Saya salut akan kemampuannya, juga niat baik Samuel yang akan menularkan keahliannya itu kepada generasi muda. Semoga sanggar budaya bisa cepat kita buka. Dan Samuel salah satu pengajar di sana nanti,” sebut Nikson.

Dan, kabar gembiranya lagi, Bupati Nikson juga menyampaikan bahwa keluarga Samuel Harianja akan menjadi salah satu  penerima program bedah rumah dari pemerintah. (Buea)