12 bulan lalu |6 Februari 2017 14:09 |1157 Pembaca

Kebakaran di Tapanuli Utara, Ternak Ayam dan Peralatan Tani Hangus

Foto: Mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kebakaran di Sipoholon, Tapanuli Utara, Minggu (5/2/2017) malam. (Istimewa)

 

SUARATAPANULI.COM, TAPUT – Kebakaran menghanguskan dapur rumah dan kandang ternak milik Lamindo Situmeang (65) di Jalan Balige Narahar, Kelurahan Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara Minggu (5/2/2017) sekira pukul 21.22 WIB. Tidak ada korban jiwa maupun luka, tapi korban mengalami kerugian materi puluhan juta rupiah.

Harta benda yang hangus diantaranya ternak ayam sebanyak 350 ekor, kulkas makanan 2 buah, kulkas minuman 2  buah, hand tractor 2 unit, mesin penggiling pakan ternak 1 unit, kompor gas 2 unit, dan pelet ikan 20 zak.

Informasi yang diperoleh, pada saat kejadian, keluarga pemilik rumah sedang berada di rumah bagian depan, sehingga mereka tidak mengetahui kalau dapurnya sudah terbakar.

“Api kami duga berasal dari tungku masak¬†dapur. Karena sorenya anak saya Harri Situmeang memasak makanan ternak di dapur. Setelah masak, dia lalu mematikan apinya dan kembali ke depan bersama kami,” ujar Lamindo Situmeang.

Masih keterangan Lamindo Situmeang, sekitar jam setengah sepuluh malam, anaknya kembali ke dapur dan melihat api sudah menyebar ke dinding dapur yang terbuat dari kayu itu.

“Kami langsung bersorak-sorak meminta tolong. Warga berdatangan untuk membantu memadamkan api, tapi tidak sanggup. Kami menghubungi Polsek Sipoholon dan Pemadam Kebakaran Pemkab Tapanuli Utara,” kata Lamindo Situmeang.

Tidak berapa lama kemudian, 2 unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi. Api bisa dipadamkan sekitar 30 menit kemudian. Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran yang sebenarnya, dan juga memeriksa saksi-saksi. (Buea/rilis)