2 tahun lalu |31 Maret 2016 08:57 |1003 Pembaca

4.610 Pelajar SMA/SMK di Tapteng Akan Hadapi UN

Ilustrasi UN

PANDAN, SUARATAPANULI.COM- Sebanyak 4.610 siswa SMA/SMK di Tapanuli Tengah (Tapteng) akan menghadapi Ujian Nasional (UN) pada 4-7 April nanti. Naskah UN kiriman dari provinsi sudah tiba di Kantor Dinas Pendidikan setempat di Pandan, kemarin.

“‪Siswa SMA sebanyak 2.985 orang yang tersebar di 30 Sekolah, dan siswa SMK sebanyak 1.625 orang di 20 sekolah. Jadwal UN tingkat SMA pada tanggal 4 hingga 6 April, dan SMK tanggal 4 hingga 7 April,” ujar Kadis Pendidikan Delta Pasaribu, didampingi Ketua Panitia UN Bahal Simanjuntak dan Kabid Diksar Jonson Sihombing.

Untuk pendistribusian naskah UN sendiri akan dilakukan secara ketat dengan pengawalan petugas kepolisian dan tim panitia dan unsur pengawas. Naskah akan dititip sementara di tiap mapolsek dan kantor pos terdekat di masing-masing kecamatan yang ada.

“Itu untuk pengamanan, mencegah kebocoran atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Lalu menjelang hari pelaksanaan dibawa ke sekolah tujuan,” tambah Bahal Simanjuntak.

Terkait sistem pengawasan ujiannya masih serupa dengan tahun-tahun sebelumnya. Tenaga guru pengawas disaling-silang. Pengawas di sekolah A berasal dari guru sekolah yang lain, demikian sebaliknya. “Disilang untuk menjaga kemurnian ujian,” kilah Bahal.

UN merupakan salah satu indikator penentuan kelulusan bagi para siswa. Mereka disiapkan secara fisik dan mental melalui pembelajaran intensif. Natalia , salah seorang pelajar SMA di Tapteng, mengaku siap menghadapi UN.

“Kami sudah menjalani banyak les tambahan, try out, pembahasan soal-soal latihan di sekolah sejak dua bulan lalu. Jadi saya yakin bisa menjawab soal UN aslinya nanti,” tutur Natalia, Kamis (31/3).

Editor: Mora