2 bulan lalu |10 Agustus 2017 15:45 |4267 Pembaca

Laka maut di Jalinsum Pahae Julu, 1 tewas 3 luka parah

Bus ALS yang terlibat kecelakaan akibat longsor.

SUARATAPANULI.COM, TAPUT – Kecelakaan maut terjadi di Jalan lintas sumatera (Jalinsum) KM 31/32 Lobu Pining Pahae Julu, Kamis (10/8). Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 11.30 Wib ini mengakibatkan 1 orang meninggal serta 3 orang mengalami luka parah, saat ini dirawat di RSU Tarutung.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi saat adanya kemacetan total akibat terjadi longsoran tanah yang tepat berada pada lokasi kecelakaan. Mobil ALS yang terjebak macet, tiba-tiba meluncur turun tidak terkendali.

Sahala Aritonang, warga Dolok Sanggul menceritakan saat kejadian dirinya bersama dengan tokenya bermarga Lumban Gaol menjadi korban akibat laka tersebut. Lokasi kecelakaan pada jalan tanjakan dan sangat licin akibat tertutup bekas longsoran tanah.

 

Korban akibat terjadi kecelakaan.

 

“Kami datang dari arah Sipirok menuju Tarutung, tiba-tiba terjebak macet. Ingin tahu penyebab kemacetan kami turun dari truk untuk melihat,” ceritanya kepada awak media di Rumah Sakit Tarutung.

Tiba-tiba mobil ALS yang parkir turun dari atas dan terlihat turun tidak terkendali. “Saya langsung lompat ke parit menyelamatkan diri. Tokke saya kakinya tersambar bus ALS mengalami luka sangat parah pada kami sebelah kiri. Dan korban yang meninggal warga yang berada disekitar yang turut menonton kemacetan,” terangnya.

Dikatakannya, berdasarkan cerita warga sekitar bus ALS merupakan rombongan naik umroh. Ada sekitar 8 bus rombongan ALS, mobil yang kedua itu yang menabrak,”jelasnya.

Dikatakannya, korban luka akibat kecelakaan itu juga seorang polisi yang bertugas mengatur lalu lintas. “Polisi itu sedang menggeser sepeda motor agar jalan lancar, tiba-tiba tersenggol ALS dan tertimpa kereta hingga terseret sekitar 7 meter. Polisi itu luka pada bagian kepala dan kaki,” terangnya lagi dan mengaku turut menolong polisi tersebut dari jepitan kereta.

Warga yang meninggal dikatakannya akibat terjepit di antara bagian depan ALS dan tumpukan tanah yang longsor, terangnya lagi sembari menjelaskan korban adalah warga sekitar saat itu duduk menonton kemacetan.

Sementara itu, Kapolres Taput AKBP Taripar Hutabarat melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing membenarkan peristiwa kecelakaan ini. Namun pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih rinci termasuk data korban. (ST)