2 tahun lalu |1 April 2016 20:53 |1452 Pembaca

Dia Rela Mati Disalibkan

Foto: Drama Jalan Salib yang ditampilkan di Perayaan Paskah Oikumene Tapteng, Jumat (1/4). Ist/ST

TAPTENG, SUARATAPANULI.COM- Drama ‘Via Dolorosa’ atau Jalan Salib Yesus yang dilakoni para mahasiswa Seminari St Petrus Aek Tolang mampu menyentuh hati jemaat yang hadir di puncak Perayaan Paskah Oikumene Tapteng, di Pelataran Terminal Baru Pandan, Jumat (1/4). 

Adegan demi adegan ditampilkan. Sejumlah jemaat tampak menitikan airmata saat menyaksikannya. Bagaimana perjalanan penyaliban Yesus mulai dari dia ditangkap prajurit Romawi, diadili, disiksa sembari memikul salib, hingga mati dipaku di tiang salib. 

“Begitu beratnya penderitaan Tuhan kita Yesus Kristus yang rela mati di kayu salib demi menebus dosa-dosa manusia,” ucap seorang ibu paruh baya yang mengenakan kebaya merah, sambil mengusap airmata yang menetes di pipinya. 

Pesan Paskah semakin bermakna dengan siraman rohani yang disampaikan langsung oleh Ephorus HKBP Ompui Pdt WTP Simarmata. Ephorus mengajak dan menekankan untuk saling mengasihi sesama manusia, serta menggugah imani jemaat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. 

“Sebagai umat Kristen, sudah semestinya kita tingkatkan iman percaya kita kepada Tuhan Yesus Kristus yang rela mati di kayu salib untuk menyelamatkan umatNya,” pesan Ephorus dalam kotbahnya. 

Jemaat yang hadir juga disejukkan dengan lantunan lagu-lagu pujian oleh suara merdu Arvindo Simatupang, Trio Lentera, Trio Anggara, dan artis-artis lokal lainnya. 

Perayaan Paskah Oikumene kali ini mengusung tema: “Kristus bangkit: berilah dirimu diperdamaikan (2 Korintus 5:20 B)”, dengan sub tema: “Semoga dengan perayaan Paskah, masyarakat semakin merasakan belas kasihan Allah yang memerdekakan”. 

Hadir, Bupati Tapteng Sukran J Tanjung, unsur Muspida, segenap jajaran pimpinan SKPD Pemkab Tapteng, Dharma Wanita Tapteng, PWKI (Persatuan Wanita Kristen Indonesia) Tapteng, para tokoh agama, perwakilan jemaat denominasi gereja, para pelajar, dan masyarakat umum. 

Editor: Okt