2 tahun lalu |5 April 2016 08:47 |1215 Pembaca

Kasus Pengadaan 6 Kapal di Sibolga-Tapteng Bakal Jerat Tersangka

Foto : Ilustrasi

MEDAN, SUARATAPANULI.COM – Kasus dugaan korupsi pengadaan 6 unit kapal tangkap ikan di Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng) oleh Diskanla Sumut terus bergulir. Penyidik Subdit III/Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sumut terus mendalami penyelidikan.

“Kami masih berupaya keras untuk dapat segera menuntaskan kasus dugaan korupsi berdana Rp8 miliar tersebut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dapat menentukan tersangka,” kata Dir Reskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Ahmad Haydar yang dikonfirmasi wartawan di Medan, semalam.

Kasus itu diselidiki sejak awal 2016. Sudah ada 6 orang, baik dari pihak Diskanla Sumut maupun pihak rekanan pemenang tender. Kadiskanla Sumut Zonny Waldy bahkan sudah dua kali diperiksa penyidik, begitupun Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Matius Bangun.

Proyek pengadaan kapal ini dikerjakan saat Kadiskanla Sumut dijabat Zulkarnaen yang kemudian digantikan dan dilanjutkan oleh Zonny Waldy. Pengadaan itu menelan biaya sebesar Rp8 miliar ygg bersumber dari APBD Sumut TA 2014. Dugaan korupsi pada proyek ini sudah terindikasi sejak proses tender yang mengarah ke modus mark up atau penggelembungan harga. (m/MS)