2 tahun lalu |21 Maret 2016 08:15 |1087 Pembaca

MENDADAK, PNS PEMKO SIBOLGA TES URINE

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk saat dites urine untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba. Istimewa/ST

SIBOLGA- Para PNS di lingkungan Pemko Sibolga, Sumut, menjalani tes urine mendadak untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba. Tes dilakukan usai apel pagi di Lapangan Simaremare, Senin (21/3/2016).

“Bagaimana melayani masyarakat kalau terjerat kasus narkoba,” kata Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, di sela tes.

Beberapa dari ratusan PNS yang ikut apel terlihat kaget. Sejumlah petugas gabungan dari kepolisian dan instansi kesehatan terkait tiba-tiba masuk ke areal lapangan. Semua akses keluar masuk lapangan ditutup. Walikota, Wawako Edi Polo Sitanggang, Sekdakot M Sugeng, serta para asisten dan pimpinan SKPD juga tak luput dites urinenya.

Selain di lapangan, posko pemeriksaan juga digelar di ruang tunggu dan aula kantor walikota. Tak satu pun pegawai yang diperbolehkan meninggalkan lokasi sebelum dites. Bagi yang nantinya didapati positif menggunakan narkoba, akan dikenakan sanksi penurunan pangkat hingga pemecatan.

“Pemeriksaan ini memang sengaja dilaksanakan mendadak. Negara kita ini sudah darurat narkoba. Narkoba sudah memasuki semua lapisan masyarakat, baik warga sipil, tentara, polisi, aparatur sipil negara, pejabat pemerintah, dan lainnya,” timpal Walikota Syarfi. (HN/ST)