2 tahun lalu |8 April 2016 14:53 |788 Pembaca

Pemkab Humbahas Usul Program Pamsimas

Foto: Salah satu sumur air bersih di pedesaan yang dibangun melalui program Pamsimas. Int

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Pemkab Humbahas melirik program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Program ini dinilai dapat mengatasi kebutuhan air bersih dan sanitasi di pedesaan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Fisik dan Tata Ruang Bappeda Humbahas, Bottor Purba.

“Ada program pembangunan nasional saat ini yang disebut ‘Akses Universal Air Minum dan Sanitasi Tahun 2019’. Dimana program itu menargetkan bahwa pada tahun 2019 nanti Indonesia dapat menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang layak untuk seluruh rakyat Indonesia. Momen ini akan kita manfaatkan sebagai salah satu upaya untuk mempercepat pembangunan dan memenuhi kebutuhan masyarakat di pedesaan di daerah ini,” kata Bottor.

Pengusulannya, sambung Bottor, sudah disampaikan ke pemerintah pusat. Ada sejumlah desa prioritas yang dimasukkan dalam usulan tersebut. Selanjutnya, pihak Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan akan datang untuk survei dan menilainya. “Semoga usulan itu diterima,” timpal Bottor.

Bottor menjelaskan, pendanaan Pamsimas akan ditalangi dengan 40 persen dari APBN, 40 persen dari APBD, dan 20 persen lagi dari warga desa dalam bentuk tenaga bagi pengerjaannya.

Sementara itu, Ketua Distrik Project Management Unit (DPMU) Robinhot Lumbantoruan menyebutkan, desa target sasaran Pamsimas itu akan ditentukan setelah desa menunjukkan niat keikutsertaannya melalui profosal dan rencana kerja masyarakat. Sedangkan andil pemerintah daerah melalui tim panitia kemitraan akan memverifikasi dan menyusun skala prioritas target penuntasan pencapaian akses 100 persen air minum di daerah.

Luas (41) warga Sibatubatu Desa Pardomuan, Kecamatan Pollung menyambut gembira program tersebut. Apalagi di desanya belum ada sarana prasarana air minum. “Selama ini kami masih mengandalkan air dari sungai. Program Pamsimas itu cocok ke desa kami ini,” harapnya. (Oka)