2 tahun lalu |8 April 2016 14:59 |948 Pembaca

Kemarau, Kolam BBI Pusuk Kering

Foto: Kolam BBI Pusuk, Parlilitan, Humbahas yang kering. Oka/ST

HUMBAHAS, SUARATAPANULI.COM – Karena air penyuplai macet, sepuluh kolam pemeliharaan dan pemijahan ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Pusuk, Kecamatan Parlilitan, Humbahas mengalami kekeringan sejak Januari 2016 lalu. Alhasil, aktifitas BBI milik pemerintah daerah itu kini nyaris berhenti.

Memang ada beberapa kolam lagi yang masih berisi air, tapi itu pun tak memungkinkan lagi untuk ditanami ikan. Padahal normalnya, BBI ini bisa memproduksi berbagai jenis bibit ikan air tawar.

“Sudah tiga bulan kolam ini kering. Mau bagaimana kita buat, suplai air dari sumbernya  memang berkurang karena musim kemarau selama ini,” kata Petugas BBI Pusuk, Sudarman Pasaribu.

Pihaknya hanya bisa pasrah menunggu musim hujan berikutnya agar sumber air dari hulu bisa melimpah kembali. Dan kekeringan kali ini terbilang yang terparah dari sebelumnya. Sebab upaya penambahan suplai air dari saluran irigasi pertanian warga juga tak banyak membantu.

“Hanya bisa menunggu musim hujan lagi lah, supaya airnya kembali deras,” kata Sudarman sembari menyebutkan pihaknya hanya dapat menyelamatkan beberapa indukan ikan saja. (Oka)

Editor: Mora