2 tahun lalu |8 April 2016 16:09 |1466 Pembaca

Dekranasda Genjot Mutu Produk Kerajinan Lokal Humbahas

Foto: Ketua Dekranasda Humbahas Lidia Kristina Panjaitan (bertopi) bersama Kadisperindagkop dan para pengrajin. IST/ST

DOLOKSANGGUL, SUARATAPANULI.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) Humbahas, Lidia Kristina Panjaitan memberikan motivasi kepada para pengrajin lokal daerah itu. Harapannya, pengrajin dapat meningkatkan mutu produknya, agar layak menembus pasar global.

“Produk kerajinan lokal Humbahas sebenarnya sangat potensial untuk dikembangkan,” kata Lidia di Rapat Kerja Dekranasda dengan para pengrajin, di Kantor Dekranasda setempat, kemarin.

Sebagai lembaga independen mitra pemerintah, dekranasda wajib ikut membina dan menggenjot mutu produk kerajinan lokal. Karena itu, rapat kerja tersebut diharapkan menjadi langkah awal untuk peningkatan kinerja.

Lidia berencana menggandeng pemerintah daerah untuk membangun stand produk kerajinan lokal di tempat-tempat wisata di daerah itu. Juga membuka website untuk promosi di dunia maya. “Stand-stand seperti yang ada di kawasan Danau Toba di Bakkara dan di Sipinsur,” sebut Lidia.

Sementara itu Kadisperindagkop Humbahas, JW Purba menyatakan siap mendukung program-program dekranasda. Sedangkan para pengrajin peserta rapat kerja itu mengaku optimis dan siap berkarya dengan dukungan pemerintah daerah. (Oka)

Editor: Mora