2 tahun lalu |22 Maret 2016 06:00 |972 Pembaca

Warga Sarudik di Evakuasi

Foto: Situasi salah satu lokasi banjir di Kecamatan Barus, Tapteng, yang diposting warga di dinding akun media sosial. Istimewa/ST

Berita Tapanuli Tengah, SUARATAPANULI.COM – Ratusan rumah di Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) tergenang banjir, Selasa (22/3). Banjir itu pasca hujan yang mengguyur sejak tengah malam hingga dini hari tadi. Akibatnya, puluhan warga yang terjebak banjir terpaksa dievakuasi oleh personil Basarnas Sibolga.

“Evakuasi tadi pagi kita lakukan di Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, ada orangtua, anak-anak dan ibu-ibu, kita evakuasi ke tempat lebih tinggi,” terang Korpos SAR Sibolga Torang M Hutahaean kepada SUARATAPANULI.COM, Selasa (22/3).

Disebutkan, jumlah warga yang dievakuasi mencapai puluhan jiwa, termasuk anak-anak kecil dan anak sekolah. “Yang dari rumah belasan orang, dan anak-anak kecil 20-an, ada juga anak sekolah,” katanya.

Menurut Torang, pihaknya menerjunkan sebanyak 14 personil untuk melakukan evakuasi di titik-titik banjir yang berketinggian mencapai 2 meter itu. “Yang paling tinggi 1,8 meter lah, itu ada di Muara Pinang, daerah Pondok Batu, mendekati atap rumah,” jelasnya.

Saat ini, lanjut mantan Korpos SAR Nias itu, air terlihat sudah mulai surut. Begitupun, pihaknya masih tetap bersiaga. “Sekarang (air) sudah mulai surut. Tapi kita tetap ‘standby’,” imbuh Torang.

Editor: Marihot Simamora