2 tahun lalu |8 April 2016 18:53 |1346 Pembaca

Kepala Pasar Sibolga Bantah Pungli Pedagang

Foto: Ilustrasi praktek pungli. ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Kepala Pasar Sibolga Efendi Dalimunte membantah tudingan dirinya melakukan praktek pungutan liar (pungli) kepada para pedagang di pasar itu. Informasi yang beredar, pungli itu bervariasi antara Rp750 ribu hingga Rp1,5 juta. Dalihnya untuk perehaban kios yang terbakar beberapa waktu lalu.

Efendi yang dikonfirmasi wartawan melalui selularnya meminta agar oknum pedagang yang mengaku dipungli itu dipertemukan kepada pihaknya.‬ “Tidak ada itu. Makanya silahkan dibawa orangnya kepada saya, biar terbongkar siapa yang mengutip. Kalau memang terbukti ada yang memungli akan kita tindak tegas,” kilah Efendi, Jumat (8/4).

Tapi, Efendi membenarkan kalau ada pemberian sukarela dari pedagang. Besarannya tidak dipatok. Dan sumbangan sukarela itu, katanya, untuk biaya pendataan kembali para pedagang pasca peristiwa kebakaran.‬

Tudingan pungli itu sebelumnya diungkapkan Af Tanjung, salah seorang pedagang pasar kepada wartawan, di Sibolga Jumat, (8/4). Menurutnya, modus pungli itu baru. Dilakukan oleh oknum kepala pasar sejak pekan lalu. Af juga menyebutkan, tak hanya pedagang yang di kios saja yang dikutip, melainkan pedagang yang ada di kaki lima juga kabarnya ikut dikutip biaya tersebut.

“Kepala Pasar mengistruksikan, anggotanya yang datang mengutip kepada kami. Untuk pedagang pakaian, sepatu dengan nilai uang kutipan mulai Rp750 ribu hingga Rp1,5 juta. Pengakuan mereka uang itu digunakan untuk perehaban kios yang terbakar, serta untuk peggantian nomor kios baru. Padahal, setahu saya untuk rehab kios yang terbakar itu sudah ada anggarannya dari Pemko Sibolga,” ungkapnya.

Editor: Raymon