2 tahun lalu |9 April 2016 23:11 |1218 Pembaca

Genset Berkapasitas 12 MW Dikirim ke Nias

Foto: Mesin genset yang tiba di Pelabuhan Sambas Sibolga untuk diseberangkan ke Pulau Nias, Sabtu (9/4). HN/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Upaya mengatasi krisis listrik di Kepulauan Nias dengan mendatangkan genset terus dilakukan. Mesin pembangkit listrik itu didatangkan diantaranya dari Langsa, Provinsi NAD yang tiba di Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga, Sabtu (9/4) malam.

Ada sebanyak 23 kontainer pengangkut genset dengan kapasitas total 12 megawatt (mw). Genset itu akan diseberangkan ke Kota Gunungsitoli malam ini juga. Pantauan di pelabuhan, proses loading kontainer berukuran besar itu memakan waktu cukup lama.

Setibanya di Kepulauan Nias besok, mesin-mesin itu akan dioperasikan secara bertahap. Dibutuhkan 4 hari untuk mengoperasikan 5 mw dalam tahap 1, termasuk untuk proses instalasi dan pengujian.

Mobilisasi genset juga dikerahkan dari sejumlah daerah lainnya. Seperti dari PLN Area Medan dan Padang yang diperkirakan tiba di Sibolga malam ini juga. Sementara genset dari Pekanbaru, Riau saat ini telah diberangkatkan ke Kepulauan Nias dengan KMP Belanak. Dan genset kiriman dari Jakarta berkapasitas sebesar 2,4 mw juga diperkirakan besok tiba di Pelabuhan Sibolga.

Kepala PLN Cabang Sibolga Agus menyebutkan, kendala utama yang dihadapi yakni keterbatasan akses transportasi menuju ke Pulau Nias dan jarak yang harus ditempuh. “Tapi kami berupaya secepat mungkin untuk menyeberangkan mesin genset yang sudah tiba di Sibolga,” kata Agus.

Selain itu, pihak PLN juga menambah stok bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, dari 5 hari menjadi 10 hari. Itu untuk memastikan ketersediaan BBM bagi mesin genset diesel yang didatangkan.

Sebelumnya, PLN juga telah mendatangkan 10 unit genset ke Nias yang diambil dari seluruh area di wilayah Sumatera Utara. Diantaranya dari Sibolga 6 x 50 kva, Binjai 3 x 100 kva, Pematangsiantar 1 x 100 kva, Padangsidimpuan 2 x 100 kva + 50 kva, Medan 1 x 100 kva, Lubuk Pakam 1 x 100 kva, dan Rantauprapat 1 x 100 kva.

“Sebanyak 10 genset dengan total kapasitas 650 kva itu telah tiba di Nias, dan berhasil terpasang. Genset gelombang II sebelumnya sebanyak 7 unit dengan total kapasitas 600 kva juga telah berhasil dimanfaatkan,” kata Agus.

Editor: Mora