2 tahun lalu |22 Maret 2016 07:01 |1381 Pembaca

Ribuan Rumah Terendam Banjir

Banjir merendam rumah salah satu warga di Kecamatan Sosorgadong, Tapteng, Selasa (22/3/2016)

Banjir merendam rumah salah satu warga di Kecamatan Sosorgadong, Tapteng, Selasa (22/3/2016)

Berita Tapanuli tengah, SUARATAPANULI.COM – Banjir yang melanda sedikitnya 8 kecamatan di Tapanuli Tengah (Tapteng) merendam ribuan rumah warga, areal sekolah, lahan pertanian dan perkebunan, serta sejumlah akses jalan, Selasa (22/3). Ketujuh kecamatan yang terdampak banjir luapan sungai tersebut di antaranya Pandan, Sarudik, Barus, Kolang, Pasaribu Tobing, Andam Dewi, Sosorgadong, dan Tukka.

Kondisi banjir terparah terdapat di Kecamatan Sarudik dan Barus. Di lokasi ini, ketinggian air yang merendam rumah warga bervariasi mulai 1 hingga 2 meter. Akibatnya, aktivitas warga di dua kecamatan ini lumpuh total. Ditengah ketinggian air telah mencapai dua meter, namun sejumlah warga enggan mengungsi dan memilih tetap bertahan di rumahnya masing-masing, sembari menjaga harta benda mereka.

Tim Gabungan dari BPBD Tapteng, Pos SAR, TNI dan Polri terus mengevakuasi warga dari lokasi banjir. Di Kecamatan Sarudik, Pos SAR Sibolga menurunkan dua unit perahu karet.

“Banjirnya mulai pagi tadi. Airnya cepat naik. Kami tidak sempat menyelamatkan banyak barang-barang. Banyak yang terendam,” kata Abdul Rahman, salah satu warga di Kecamatan Sarudik.
Lurah Pasir Bidang Harrys Sihombing kepada wartawan menjelaskan, sedikitnya ada sebanyak 1.320 unit rumah warga di Kelurahan Pasir Bidang dan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik yang terendam air dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Kata Harrys, banjir merendam pemukiman warga mulai dari lorong 1 hingga lorong 11.

Editor: Mora