2 tahun lalu |10 April 2016 18:03 |1367 Pembaca

PLN Terus Kirimi Genset ke Nias

Foto: Kontainer pengangkut mesin genset listrik di Pelabuhan Sambas Sibolga untuk diseberangkan ke Pulau Nias, Minggu (10/4). Raymon/ST

SIBOLGA, SUARATAPANULI.COM – Pihak PT PLN terus berupaya menormalkan kembali pasokan listrik di Kepulauan Nias. Hari ini, Minggu (10/4), PLN kembali mengirimkan sejumlah mesin genset berkapasitas 3,5 megawatt (MW) melalui Pelabuhan Sambas, Sibolga.

Selain genset, PLN juga menyeberangkan sejumlah peralatan penunjang pengoperasian di sana, seperti panel dan lainnya. “Mesin genset dan peralatan penunjang itu diangkut dengan 7 unit kontainer,” jelas Yudhi, Asisten Menager Jarigan PLN Area Sibolga ketika dihubungi SuaraTapanuli.Com melalui telepon selularnya.

Dikatakannya, untuk mendistribusikan ke-7 unit kontainer itu, PLN menyewa kapal LCT milik perusahaan swasta PT WJL Sibolga. Yudhi juga menyebutkan, tujuh unit genset yang diseberangkan itu berasal dari PLN Kota Langsa sebanyak 5 unit, dan dari PLN Banda Aceh sebanyak 2 unit.

“Diperkirakan keseluruhannya akan tiba di Pelabuhan Gunungsitoli nanti malam,” jelas Yudhi.

Mesin-mesin genset yang sudah dikirim ke Nias tersebut bisa menyuplai listrik sementara ke rumah warga dan fasilitas umum. Diperkirakan kesanggupannya selama dua pekan, sembari menunggu tibanya kiriman 23 truk kontainer lagi dari PLN Kota Langsa, dalam sepekan ini.

“Jika tambahan 23 kontainer dari Langsa itu tiba, kemungkinan listrik di Nias bisa kembali normal,” jelasnya.

Selain itu, Yudhi menginformasikan bahwa tadi pagi juga telah diterbangkan sejumlah mesin genset dari Jakarta ke Pulau Nias, dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Editor: Mora